Membangun DHCP Server di Windows

Bagi Anda pengguna Linux mungkin tidak susah untuk membuat DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) server, namun bagi Anda pengguna Windows, Anda mungkin akan sedikit dipusingkan untuk membangun sebuah server DHCP. Fungsi server DHCP sendiri adalah untuk memberikan konfigurasi IP kepada client secara dinamis, selain IP client juga diberikan konfigurasi gateway dan DNS. Setelah Anda mengetahui fungsi server DHCP mungkin Anda bertanya kapan kita memerlukan Server DHCP?kita... hehe. Kalau saya memerlukan DHCP ketika :
  1. User adalah orang awam sehingga apabila kita memaksakan konfigurasi secara manual akan merepotkan kita sebagai Admin
  2. User/Client adalah tidak tetap maksud saya adalah user bukan pengguna jangka panjang, artinya capek deh.. setting berulang2
  3. Ketika kita menggunakan Acces Point yang tidak mendukung DHCP( TPLINK TL-WN422G Usb Adapter + Windows XP + IM2), dah dicoba pake ICS (Internet Connection Sharing tidak berhasil-berhasil, dah buntu) tetapi ingin membangun hotspot
Itu beberapa alasan saya untuk menggunakan DHCP server. Di windows ternyata ada software bikinan dari Hanewin dengan nama Hanewin DHCP Server cara penggunaannya cukup mudah. Anda dapat mencoba aplikasi dengan puas selama 30 hari sebelum Anda berniat untuk membelinya. Silahkan langsung menuju TKP saja gan... hehe.

Semoga berhasil.
Baca Selanjutnya - Membangun DHCP Server di Windows

Menghitung Hari menggunakan MySQL

Bagi Anda yang pernah menggunakan fungsi datediff di Excel, ketika Anda harus bekerja menggunakan MySQL yang biasanya dikombinasikan dengan PHP pasti bertanya, apakah bisa fungsi datediff digunakan di MySQL? namun menurut manual MySQL yang saya baca fungsi datediff di MySQL hanya terbatas untuk menghitung hari saja. No Problemo.. Mari kita bahas penggunaan datediff menurut saya :).
Bisa digunakan untuk apa saja sih?

Mungkin bagi Anda yang masih bingung penerapan dari fungsi datediff ini digunakan untuk apa, saya akan memberikan beberapa contoh kasus penggunaan fungsi ini. Kasusnya antara lain :
  1. Ketika Anda ingin menghitung umur seseorang
  2. Ketika Anda ingin menghitung sudah berapa lama orang bekerja
  3. Ketika Anda ingin menghitung mundur hari dari suatu event
  4. Ketika Anda ingin menghitung denda keterlambatan
dan masih banyak lagi kasus-kasus lainnya yang dapat menggunakan fungsi datediff ini.


Bagaimana cara penggunaanya?
Format bakunya adalah :

DATEDIFF(expr1,expr2)

Contoh Kasus :
Pesanan :
Perusahaan saya (pak ABU) bergerak dibidang pengiriman paket, pelanggan saya biasanya meminta saya untuk mengirimkan paket tersebut pada hari h. Saya sebenarnya sudah mempunyai database kapan paket harus dikirimkan (Tabel : tbkirim, kolom: paket, tglkirim... namun karena pesanan terlalu banyak sehingga saya sering terlewat. Nah saya ingin dibuatkan program kecil lah karena anggaran saya cuman 5juta..haha..(namanya juga contoh...). Programnya cuman gimana cara menghitung mundur, count down kali ya istilah kerennya, Berapa hari lagi paket dikirimkan, gitu aja deh simpelnya. Besok jadi ya!

Jawaban :
Baiklah mari kita kerjakan pesanan pak ABU tersebut :

Data yang kita perlukan dari pesanan pak ABU adalah :
1. Tabel: tbkirim, kolom : paket, tglkirim (type: date)
2. Program yang diminta : Berapa hari lagi paket dikirimkan berarti tanggal mundur nih..

Logika pemikiran program :
Karena Pak ABU meminta berapa lagi... berarti Tanggal Kirim kapan... kemudian dikurangi tanggal hari ini. Ketemu deh berapa hari lagi...
kita akan menggunakan fung datediff kali ini, tanggal kirim berarti kita menggunakan kolom tglkirim, tanggal hari ini kita menggunakan fungsi now().

Sintaknya seperti ini berarti :

SELECT paket, DATEDIFF(tglkirim,now())tinggal_hari FROM tbkirim;


hasilnya nanti jadi seperti ini :
--------+------------+
Paket tinggal_hari
--------+------------+
Bunga | 7
dst..


Dari mana sumbernya?
dari http://dev.mysql.com/doc/refman/5.1/en/date-and-time-functions.html#function_datediff atau Anda dapat mengakses http://dev.mysql.com/doc/ untuk melihat manual sesuai dengan versi MySQL Anda.
Semoga bermanfaat
Baca Selanjutnya - Menghitung Hari menggunakan MySQL

Segala Template, Walpaper, Icon Gratis...

Anda tentunya menyukai barang-barang gratisan. Apalagi barang tersebut berkualitas tinggi. Tambah ngiler kan... Murah bagus.. itu yang biasanya Anda cari, kalau gratis bagus... wew...
Tidak sengaja browsing nemu situs yang mantap ni. Yang gratis-gratis ada disini, dari Template Joomla, Template Wordpress, Template PHPBB, Template Drupal, Icon-icon, Walpaper, Vector, gambar rekayasa photosphp, E-book, dll Ada disini ni. Silahkan langsung ke tkp saja daripada ilernya semakin banyak... hehe.
Klik http://boygj.com/.
Selamat menikmati
Baca Selanjutnya - Segala Template, Walpaper, Icon Gratis...

Fenomena Traffik Blog saya

Tiga hari ini saya mengamati perkembangan rangking traffik blog saya ini di alexa.com ternyata mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tiga hari lalu rangking traffik blog saya masih pada kepala 7 juta, kemudian, kepala 5juta tadi malam saya sudah kepala 4 juta, pagi ini saya cek sudah kepala 3 juta... Fenomena apa ini ya... haha.
Saya sendiri tidak tahu pasti yang menyebabkan traffik blog saya naik dengan pesatnya. Saya cek pada Google Analystic saya pengunjung masih kisaran 20-an saja, tidak ada yang istimewa. Yang saya lakukan selama ini blog walking, saya kira juga tidak ada yang istimewa. Saya masih penasaran nih kenapa bisa naik dengan pesat? ada yang bisa menjelaskannya?? Terima kasih banyak.
Baca Selanjutnya - Fenomena Traffik Blog saya