WHAT'S NEW?
Loading...

Menghilangkan Karakter Spasi di Excel

Spasi di excel kadang-kadang menjadi menyebalkan. Contoh kasusnya adalah apabila spasi itu terdapat pada kolom yang seharusnya bernilai angka. Ada beberapa trik untuk menghilangkan spasi di Excel.

1. Menggunakan fungsi TRIM. Contoh penggunaanya : =TRIM(A2)
2. Menggunakan fungsi SUBSTITUTE. Contoh penggunaannya : =SUBSTITUTE(A2, " ", "")
3. Menggunakan fitur pencarian (Find and Replace). Pada Find What isikan dengan spasi (tekan tombol spasi :) ) terus pada replace with dikosongkan saja kemudian tekan Replace.
4. Barusan nemuin kasus yang tidak dapat diselesaikan dengan tiga trik di atas. Kasusnya adalah ada dibelakang angka mengandung spasi dan parahnya yang harus di replace ada ratusan kolom, kalau menggunakan cara manual bisa seharian kali baru selesai. Setelah utak-atik akhirnya menemukan caranya sebagai berikut. =MID(A2,1, LEN(A2)-1).

semoga membantu.

58 komentar: Leave Your Comments

  1. makasih infonya mas, tterutama rumus =MID(A2,1, LEN(A2)-1).
    sangat tertolong sekali saya :D

    BalasHapus
  2. makasih Oom..,
    pas database Csv di phpmyadmin bermasalah, googling "cara ngilangin spasi di excel.." eh dpt link kesini.., coba langsung bisa deh!
    8-) :-D

    BalasHapus
  3. makasih...sangat membantu sx.
    tapi klo datanya campuran gmn? (ada spasi & ada yg tidak)
    klo pas ga ada spasi, berarti huruf/angkanya hilang 1 donk........

    BalasHapus
  4. kalau menghilangkan spasi di awal dan atau akhir suatu nama bagaimana???

    BalasHapus
  5. ;"";"";"Agung Tri Su";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"0818271484";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";""

    BalasHapus
  6. ;"";"";"Agung Tri Su";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"0818271484";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";"";""

    Bagaimana cara menghilangkan tanda tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subsitute saja.. Seperti cara diatas.. Diganti menjadi ""

      Hapus
  7. terimakasih infonya... sangat bermanfaat... :-D

    BalasHapus
  8. kalau membuat spasi gmn ya? misalnya 1250 dibuat 1 250 gmn y?makasih sharenya

    BalasHapus
  9. selain menggunakan Find and Replace anatara , dan spasi

    BalasHapus
  10. Kasusnya sperti ini
    12WW seharusnya 12 WW bagaimana rumus untuk membuat spasinya.terimaksih sbelumya

    BalasHapus
  11. =TRIM(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(Ir. Fajri, SH/ 081168000095,"0",""),"1",""),"2",""),"3",""),"4",""),"5",""),"6",""),"7",""),"8",""),"9",""),"/",""))
    Hasilnya = "Ir. Fajri, SH"
    Salam kitingsyans 8-)

    BalasHapus
  12. Seandainya saya ingin menghapus satu kata paling kanan daribsebuah kalimat gimana caranya gan?

    BalasHapus
  13. Terimkasih banyak gan, sangat membantu sekali. Teruslah berkarya, ALHAMDULILLAH.

    BalasHapus
  14. itu kan yg ilang bagian belakang nya gan... tapi kalo spasi nya ada di depan tulisan gimana jadi nya ???

    BalasHapus
  15. OK Thanks yah saya Pakai TRIM bisa. sangat membantu..

    BalasHapus
  16. Super rumus mid len nyaaa.. Alhamdulillah ,, semoga di ganti dengna yang lebih baikk ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana Cara pakenya Bro ?? Bagi Infonya dong
      aku pake Rumus MID(A2,1, LEN(A2)-1) kok gak bisa

      Hapus
  17. trims infonya gan

    BalasHapus
  18. mantap, berguna banget infonya

    BalasHapus
  19. Mantap mas! Makasih banyak banget berguna banget yang metode spasi keempat buat skripsi saya dan saya cuma menemukannya di sini :D

    BalasHapus
  20. Bagi tutorialnya, saya blom ngerti

    BalasHapus
  21. kalo spasinya ada ditengah, ngilanginya gimana ya mas
    contoh:
    "ABCD EFG"

    menghilangkan spasi diantara huruf D dan E itu saya belum bisa.
    soalnya yang mau hilangkan ada ratusan baris hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. block smua data yg akan diubah, tekan "ctrl+f", pilih tab "replace". kemudian pada kolom "find what:" kasih spasi 1x, trakhir tekan tombol "replace all".
      semoga bermanfaat :p

      Hapus
    2. Terimakasih semoga lapang Rezeki nya.. Mantab

      Hapus
  22. Dapat Masalah pada kasus Rumus MID(A2,1, LEN(A2)-1) tutorialnya gimana ya ??
    aku coba-coba Rumusnya gak berhasil ya gak bisa aku pake padahal yang mau aku hapus spasinya ada ratusan Informasinya gimana cara pakai rumus tersebut
    Trima kasih

    BalasHapus
  23. =TRIM(A2) atau =SUBSTITUTE(A2," ","")

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah di coba tidak bisa mas ardiansyah.. di sum malah hasilnya 0 dan data saya ada 500 data dan semuanya ada mengandung sepasi di dalam nominalnya, saya sudah gunakan 3 rumus di atas all hasil mau saya sum tidak ada hasil nya

      Hapus
    2. Sama... Kalo saya spasinya beda2... ada yang 1 spasi ada yang 2, 3, dst...
      Cara diatas gak bisa

      Hapus
  24. makasi infonya gan bermanfaat sekali. sukses selalu gan.

    BalasHapus
  25. Info: Rumus MID(A2,1, LEN(A2)-1)ini tidak akan berhasil jika dibelakang karakter memang tidak ada spasinya, malah akan menghapus satu karakter paling belakang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan setiawan agus saya sudah mencoba juga tapi tidak bisa di semua ada spasi tapi tidak dapat di sum atau pun di jumlahkan semuanya hasilnya nihil

      Hapus
  26. ini saya cari cari rumus ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  27. rumus nya kok gk bisa ya kk saya da coba tidak bisa

    BalasHapus
  28. ga perlu pake rumus, cukup copy paste di ms.word aja, trus pake menu replace di ms.word. spasi diganti pake kosong. beres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang betul, mantap, gak kepikiran gua selama ini....Thanks Bro, sehat selalu

      Hapus
  29. VAZBET - Agen Bola Piala Dunia - Agen Casino dan Poker Online Terpercaya Indonesia
    Agen Bola SBOBET | Agen Bola UBOBET | Agen Casino | Agen Tembak Ikan Terpercaya | Agen Sabung Ayam

    Tembak Ikan Online
    Agen Fafa Slot
    Agen Casino Terpercaya
    Agen Bola Piala Dunia
    Agen Poker Terpercaya
    Agen Sabung Ayam
    Agen Bandar Togel Klik 4D
    Daftar Vazbet

    BalasHapus
  30. Terima kasih sobat solusinya sangat membantu..salam kenal

    BalasHapus
  31. ♠♥ CASINO ONLINE TERPERCAYA ♥♠
    Selamat datang di cintacasino, kami menyediakan permainan live casino seperti:
    Bakarat
    Sicbo (Dadu)
    Rolet
    Dragon Tiger
    Slot Game
    -------------------------------------------------------------------------
    ♦ Promo Cintacasino ♦
    1. Bonus New Member 20%
    2. Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    3. Bonus Cashback 10% Setiap Sabtu
    4. Full Comission
    -------------------------------------------------------------------------
    Kontak Kami :
    ♣ BBM : CintaCasino
    ♣ WCHAT : CintaCasino_
    ♣ WA : +85570874100
    ♣ Live Chat 24JAM Online Nonstop

    BalasHapus
  32. BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN TITIK DIBELAKANG ANGKA...
    CONTOH : 13,900. (DIBELAKANG ADA TITIK) SEHINGGA TIDAK BISA DIFUNGSIKAN UNTUK RUMUS PERKALIAN

    HATUR NUHUN

    BalasHapus
  33. makasih infonya mas, terutama rumus =MID(A2,1, LEN(A2)-1).
    sangat terbantu... Semoga ilmunya makin manfaat

    BalasHapus
  34. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7846120-kelebihan-ayam-bangkok-kaki-belimbing-menurut-bolavita

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    BalasHapus
  35. Ingin Menang Judi Online??
    Gunakan Solusi Yang Kami Tawarkan Yaitu Dengan " Cheat "
    Ikuti Petunjuk Kami Pasti Akan Ada Kemenangan

    Hack BandarQ Sakong Poker Ceme
    http://pusatdewa.com
    Cheat Judi Online
    Hack Judi Online
    Bokep Online
    Trik Tips BandarQ Sakong
    Tips Trik Poker

    BalasHapus
  36. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-06-november-2019/

    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-30-september-2019/

    https://www.klik4d.site/kumpulan-makna-mimpi-tanah-dalam-togel/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  37. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #88sahabatQQ #88sahabat #windaftar

    BalasHapus
  38. Thank you very much for seeing 밤알바 information.
    Thank you very much for seeing 밤알바 information.

    BalasHapus
  39. Ayo Bermain Di www,ligabintangbet,net :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% (max 100 rb) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%


    CP :
    WA 082229457557
    LINE LigaBIntang88Net

    BalasHapus
  40. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.biz/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-13-januari-2020/

    https://www.klik4d.biz/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-13-januari-2020/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus