Membuat Pivotable dengan data yang Dynamic

Pernahkah Anda menggunakan pivotable di Excel? kalau yang sudah pernah pasti terbantu sekali ya.. artikel ini diinspirasi oleh teman saya yang menanyakan "bagaimana cara membuat pivotable tapi dengan data yang setiap hari berubah ?" sehingga tidak perlu menjalankan berulang kali melakukan proses pivotable . Biasa dengan senjata Andalan google akhirnya menemukan artikel yang bagus juga Excel Pivot Table -- Dynamic Data Source.

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (saya menggunakan Ms.Excel 2007) :
1. Membuat Define Name, Formulas > Define name > Name diisikan contohnya :data_harian, untuk refers to nya disikan : =OFFSET(Sheet1!$A$1;0;0;COUNTA(Sheet1!$A:$A);3)
keterangannya :
Sheet1 = disesuaikan dengan nama sheet nya
$A$1 = kolom awal
3 = disesuaikan dengan jumlah kolom kesamping, misalnya kita punya kolom nama,alamat dan jumlah saja berarti angka tersebut diisi 3 saja.
untuk ; (titik koma disesuaikan dengan konfigurasi pada komputer Anda) bisa juga koma saja
2. Langkah berikutnya membuat pivotable, insert > PivoTable
pilih select a table or range > Table/Range isikan dengan dengan Define name yang kita buat pada point 1. (data_harian).

untuk merefresh pivotable apabila ada perubahan data :
Pilih pada pivotable yang dimaksud > Klik Options > Refresh > pilih refresh / Refresh All

semoga membantu.

Membuat Pivotable dengan data yang Dynamic Membuat Pivotable dengan data yang Dynamic Reviewed by D' Karimun C-11 on 10.48 Rating: 5

3 komentar:

  1. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus
  2. I can see that you possess a degree of expertise on this subject, I would like to hear much more from you on this subject matter – I have bookmarked this page and will return soon to hear additional about it.

    BalasHapus
  3. you are really an amazing photographer. you have a skill to capture a moment which remain still for ever. I really appreciate your work..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.